Lukisan Seorang Raja
By: Date: 12/01/2021 Categories: Berita Inspirasi Tags:

Lukisan Seorang Raja

Lukisan Seorang Raja

Dahulu, hidup seorang raja yang cuma punya satu mata dan satu kaki. Raja yang cacat itu adalah raja yang baik dan cerdas. Suatu hari, kala raja berjalan-jalan di galeri kerajaan ia menyaksikan lukisan-lukisan pendahulunya. Ia lantas menginginkan punya lukisan dirinya, sebab ia menjadi suatu hari anak cucunya akan menyaksikan hal yang mirip di sini.

Raja lantas memanggil seluruh pelukis yang tersedia di negerinya ke istana. Ia berharap untuk dibuatkan lukisan yang indah dan nampak gagah untuk dipajang di galeri istana. Pelukis yang berani menerima tugas ini akan diberi imbalan cocok dengan keindahan lukisannya.

Para pelukis menjadi berpikir setelah mendengar titah raja, menurut mereka tidak kemungkinan dapat sebabkan lukisan yang indah sebab raja cuma punya satu mata dan kaki. Mereka takut jikalau nanti hasilnya buruk, mereka tambah diberi hukuman sebab dianggap menghina raja.

Pelukis-pelukis itu pun satu per satu mengundurkan diri dengan beraneka alasan. Lalu, keliru seorang pelukis mengajukan diri untuk melukis raja yang cacat tersebut. Sang raja senang dengan keberanian pelukis itu.

Berminggu-minggu si pelukis mengerjakan lukisan yang diminta raja. Sampai selanjutnya tiba hari kala lukisan itu dipamerkan kepada publik. Para pelukis yang mengundurkan diri datang ke istana, mereka sangsi lukisan itu akan indah.

Anggapan para pelukis itu segera sirna saat kain penutup lukisan itu dibuka. Sebab, hasil lukisan itu sangatlah indah dan sang raja nampak gagah.

Di lukisan raja diekspresikan tengah menunggangi kuda yang menghadap ke samping, sambil bersiap memanah. Sehingga kakinya yang cacat tidak nampak dan matanya yang buta terpejam seperti tengah membidik. Raja amat senang dengan hasil lukisan tersebut, ia menghadiahi sebuah kastil untuk si pelukis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *